fbpx

Apa Sih Perbedaan IPL dan I2PL ?

Apa Sih Perbedaan IPL dan I2PL ?

IPL Intense Pulse Light

Banyak dokter yang bertanya-tanya apakah IPL dan I2PL itu sama atau berbeda. Mari kita bahas dulu apa itu IPL dan apa itu I2PL sebelum kita lanjut perbedaan IPL dan I2PL ini.

Pengertian IPL ( Intense Pulse Light )

IPL yang merupakan kependekan dari Intense Pulse Light merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk penghilang bulu dengan pancaran cahaya. Meski banyak yang mengira IPL sama dengan laser, namun teknologi keduanya ini berbeda. IPL yang merupakan terapi cahaya (light) memiliki cakupan panjang gelombang yang luas, sedangkan laser biasanya hanya memiliki satu panjang gelombang.

IPL biasanya memiliki cakupan panjang gelombang antara 400-1200nm. Selain untuk penghilang bulu, biasanya IPL digunakan untuk rejuvenation dan jerawat. Penggunaan IPL ini didahului oleh penggunaan gel untuk mengurangi rasa panas yang ditimbulkan dari paparan cahayanya.

Pengertian I2PL ( Intense Pulse Light Generasi ke 2 )

I2PL ini memiliki teknologi Intense Pulsed Light, hanya penggunaan angka “2” setelah huruf “I” dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa I2PL ini merupakan teknologi kedua yang merupakan inovasi dari IPL itu sendiri. Teknologi baru dari IPL memberikan hasil yang lebih efektif namun lebih nyaman saat digunakan. Panjang gelombang I2PL ini memiliki cakupan 400-950nm, tentu dengan panjang gelombang ini akan membuat I2PL lebih less pain. Selain itu penggunaan tanpa gel bisa mempercepat proses kerja dan tidak perlu ada biaya untu pembelian gel. Pendingin yang ada pada I2PL dapat memberikan perawatan yang nyaman pada pasien tanpa rasa sakit.

Panjang gelombang pada I2PL cakupannya lebih sempit dari IPL

Panjang gelombang pada I2PL memang lebih sempit dari IPL biasa. Namun panjang gelombang 950-1200nm merupakan cahaya infrared yang diserap air sehingga menimbulkan rasa sakit serta tidak nyaman bagi pasien. Panjang gelombang yang hanya dibatasi sampai 950nm saja menyebabkan I2PL less pain tetapi memiliki efektivitas yang baik.

I2PL tidak Menggunakan Gel karena Terdapat Contact Cooling

I2PL tidak menggunakan gel seperti IPL biasa. Permukaan kristal I2PL langsung menempel rapat pada kulit sehingga tidak ada energy loss (semua energy langsung masuk ke dalam kulit, sedangkan IPL biasa yang memakai gel membuat sebagian energi nya diserap air pada gel) dan adanya jarak kristal dan kulit juga menimbulkan energy loss karena sifat cahaya yg menyebar.

Penggunaan gel pada IPL biasa dimaksudkan untuk mengurangi rasa panas yang ditimbulkan dari paparan cahayanya. Namun, meskipun I2PL tidak menggunakan gel bukan berarti I2PL panas, karena I2PL telah dilengkapi contact cooling mencapai -5°C yang membuat pemakaian I2PL terasa dingin.

Share:

On Key

Related Posts

ESPRO - FIRE-XEL

APA ITU LASER CO2 ?

Laser CO2 adalah prosedur kecantikan yang melibatkan penggunaan gas karbon dioksida (CO2) dan laser. Prosedur

Scroll to Top