fbpx
Acare
DIODE 1470nm LASER
Contact Us

ACARE

DIODE 1470nm LASER

Laser Acare merupkan laser diode dengan panjang gelombang 1470nm yang memiliki penetrasi pada kedalaman kelenjar minyak (sabeceous/sebum glands).

Laser Diode 1470nm diserap oleh kromofor sebum (minyak) sehingga energi panas yang dihasilkan laser dapat mengecilkan dan mengurangi produksi minyak serta merejuvensi keratin di Folikel. Selain itu, laser ini juga diserap air yang memicu kolagenisasi dan peremajaan kulit.

acare

MEKANISME KERJA DIODE 1470nm

Ketika masih kuliah para dokter mendapat pengajaran untuk menggunakan krim jerawat dan chemical peeling untuk kebanyakan kasus jerawat dan roaccutane atau isotret merupakan pilihan terakhir sebagai senjata pamungkas apabila menjumpai kasus jerawat membandel tak kunjung sembuh.

Mekanisme kerja roaccutane atau isotret ini adalah mengecilkan kelenjar sebum, namun efeknya sistemik membuat seluruh permukaan kulit menjadi kering dan tidak boleh untuk wanita hamil. Belakangan ini roaccutane atau isotret telah dilarang dipakai di Indonesia. Jadi semua pemakaian isotret adalah illegal.

Kita juga perlu memahami bahwa chemical peeling adalah pengobatan semu untuk kasus jerawat.

PATOGENESIS JERAWAT

  1. DHEA and DHEA-S yang dikeluarkan dari Adrenal medulla diubah menjadi free testosteron.
  2. Free testosteron diubah menjadi DHT oleh 5α-Reductase.
  3. DHT merangsang proliferasi (pembelahan) sel di kelenjar pilosebasea (pilosebaceous gland) dan mengakibatkan hyperkeratosis (penebalan kulit).
  4. DHT mengaktifkan kelenjar minyak (sebaceous gland) dan meningkatkan sekresi sebum/minyak.
  5. Sebum yang berlebihan akan diubah oleh bakteri p. acne menjadi FFA (Free Fatty Acid), dan merangsang kelenjar minyak menghasilkan sebum/minyak lebih banyak dan menimbukan inflamasi sehingga menutup pori-pori.
  6. Jerawat muncul.

Mengapa Anda Perlu Memiliki Laser Diode 1470nm di Klinik Anda?

Karena laser ini mengobati jerawat langsung pada akar penyebab jerawat (acne vulgaris) dengan dua mekanisme berikut:

  1. Ketika laser masuk ke dalam kulit sampai kedalaman kelenjar minyak (sebaceous gland), laser diserap  sebum dan diubah menjadi panas. Energi panas ini akan menyebabkan kerusakan termal pada lobulus minyak (sebaceous lobule) dan menurunkan pengeluaran sebum/minyak. Proses ini sama persis dengan working mechanism isotret/roaccutane yang menjadi andalan pilihan terakhir para dokter sebagai pamungkas jerawat membandel yang tak kunjung sembuh. Namun berbeda dengan roaccutane, efek laser ini hanya setempat dan tidak sistemik jadi hanya mengecilkan kelenjar sebum pada area yang dilaser dan tidak menimbulkan luka pada epidermis, karena itu aplikasi laser ini aman untuk wanita hamil.
  2. Energi panas yang masuk akan melemahkan dan menonaktifkan 5α-Reductase, sehingga mencegah free testosteron diubah menjadi DHT. (Menurut paper klinis, 5α-Reductase  dinonaktifkan lebih dari 80% pada suhu 50°C).

Dengan kedua mekanisme tersebut maka jerawat akan berkurang sangat signifikan.

Selain itu, energi laser yg diserap air akan diubah menjadi panas pada bagian kulit yang dilaser dan memberikan efek rejuvenasi. Collagenase type 3 akan dihasilkan jaringan kulit di dermis dan meningkatkan kekenyalan kulit sehingga terjadi remodelling jaringan kulit yang rusak.

HANDPIECE

Toning Handpiece

Vaginal Handpiece

Surgical Handpiece

INDICATIONS

  • Mild Acne
  • Moderate Acne
  • Severe Acne
  • Pustules & Nodules
  • Reduce Comedones
  • Glowing Skin Rejuvenation
  • Reduce Oily Skin
  • Acne Scars & Big Pores
  • Hyperplasia Sebacea
  • Periorbital Wrinkles
  • New Keloids
  • Reduce Oily Scalp
  • Inner Vagina Rejuvenation
  • Minor & Major Labia Vagina Rejuvenation
  • Endolift for Face
  • Endolift for Double Chin
  • Stretchmarks
  • Granulomes
  • Arm Lypolysis
  • Belly Lypolysis

ENERGY & FLUENCE

Tahukah anda  bahwa yang mempengaruhi kedalaman (penetrasi) dari suatu laser itu bukanlah Energi (Joule) ataupun Power (Watt), melainkan Fluence/Kepadatan Energi (J/cm2)?
Energi merupakan tenaga yang dihasilkan laser dengan kekuatan tertentu yang bekerja selama jangka waktu tertentu.

Energi (Joule)=Power (Watt)×Pulsse Width (second)

Pulse width adalah lamanya laser memancar dalam satu pulse.
Fluence/Kepadatan Energi merupakan besarnya energi dalam luas area spot size tertentu.

Fluence (“J/cm2 ” )=  (Energi (Joule))/(Luas Area Spot Size (“cm2 ” ))

Misal:
Energi yang dikeluarkan laser adalah sama, yaitu 1000mJ atau 1 Joule.
Luas area spot size laser A = 0,5cm2
Luas area spot size laser B = 1cm2
Maka:

Fluence Laser A = 1 joule/0,5cm² = 2 J/cm²

Fluence Laser B = 1 joule/1cm² = 1 J/cm²

Maka bisa dikatakan laser A pasti memiliki penetrasi yang lebih dalam dibanding laser B.

Laser diode 1450nm ataupun 1470nm yang dirancang tanpa pendingin dalam aplikasinya akan membuat kulit terbakar apabila kita memakai spot size besar (6-10 mm) dengan fluence tinggi, karena itu apabila memakai spot size besar maka setting fluence biasanya sangat rendah dan dimaksudkan untuk skin rejuvenation.

Apabila dimaksudkan untuk mengobati kasus jerawat aktif maka setting parameter yang betul adalah memakai spot size yang kecil (2-3mm) dengan fluence yang tinggi namun tidak membuat kulit terbakar.

Spot size memiliki pengaruh terhadap kedalaman (penetrasi) laser.

Perhatikan gambar di atas! Ketika memakai spot size kecil dengan fluence tinggi akan mampu mencapai kedalaman kelenjar minyak dan mampu mengecilkan kelenjar minyak.

Pada laser diode 1450nm atau 1470nm tanpa pendingin, setting memakai spot size besar adalah suatu kesalahan, sebab fluence nya rendah dan hanya bertujuan untuk rejuvenasi kulit bukan untuk mengecilkan kelenjar minyak. Kulit kita tidak akan mampu menerima fluence tinggi dengan spot size yang besar tanpa pendingin.

Selain itu memakai spot size kecil dengan fluence tinggi akan dapat juga mengurangi acne scar pada pasien sebab ini identik dengan fractional laser namun dengan memakai satu titik.

Dengan Energi yang Sama, Spot Size Lebih Kecil Akan Menghasilkan Fluence/Kepadatan Energi yang Lebih Besar

Apa manfaat spotsize kecil?

  • Fluence yang lebih tinggi pada spot size kecil akan menyebabkan penetrasi laser semakin dalam.
  • Memiliki efek yang bagus untuk acne scars.
  • Ketika spotsize besar, dibutuhkan energi yang besar untuk mencapai kedalaman kelenjar minyak. Namun ketika laser tanpa pendingin, kulit tidak dapat menahan panas yang dihasilkan dari energi yang besar tersebut (kulit bisa terbakar dan terjadi bula-bula). Karena itu pada laser tanpa pendingin, spotsize kecil akan lebih menguntungkan

SPESIFIKASI

Laser TypeDiode Laser
Wavelength1470nm
Operation ModeCW, Single Pulse, Repeat Pulse
Output Power1-15 Watt
Pulse WidthPulse Width
InterfaceColor LCD Touchscreen
Power Supply100-240VAC, 50-60Hz, 200VA
CoolingAir
Dimension & Weight215(W) x 245(L) x 315(H) mm, 4 kg

CERTIFIED BY:

certified by kementerian kesehatan
Scroll to Top