fbpx

APA ITU DIODE 1450 nm LASER

APA ITU DIODE 1450 nm LASER

Diode 1450nm Laser

Apa itu Acure dan Accutoning?

Acure dan Accutoning adalah laser diode yang memiliki panjang gelombang 1450nm. Laser dengan panjang gelombang 1450nm diserap oleh kromofor air dan sebum (minyak). Laser ini memiliki penetrasi sedalam kelenjar minyak (sebaceous glands) sehingga dapat mengurangi produksi minyak dan merejuvenasi keratin di folikel.

Acure Diode Laser 01

Diode 1450nm merupakan laser yang diserap oleh kromofor air dan sebum (minyak). Ketika laser mengenai kromofor, maka laser akan menjadi energi panas dan membuat kromofor tersebut hancur tanpa menghancurkan jaringan yang lain (selective phototermolysis).

Grafik Diode Laser

Penetrasi laser ini tepat di area kelenjar minyak (sebaceous glands) yang merupakan penghasil minyak. Ketika laser mengenai kelenjar minyak , maka energi panas yang dihasilkan laser akan mengecilkan kelenjar minyak tersebut dan membuat produksi minyak berkurang. Oleh karena itu, selain menyembuhkan jerawat, laser diode 1450 juga dapat mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, laser ini tinggi diserap air yang memicu kolagenisasi, sehingga memiliki efek rejuvenasi yang baik

Patogenesis Jerawat

Patogenesis Jerawat
  1. DHEA and DHEA-S yang dikeluarkan dari Adrenal medulla diubah menjadi testosteron.
  2. Testosteron diubah menjadi DHT dengan 5α-reductase.
  3. DHT mengaktifkan dan menghasilkan proliferasi sel di kelenjar pilosebasea (pilosebaceous gland), menghasilkan hyperkeratosis, dan keratosis pilaris di folikel (membuat folikel rambut menyempit).
  4. DHT mengaktifkan kelenjar minyak (sebaceous gland) dan meningkatkan sekresi sebum/minyak.
  5. Sebum yang berlebihan sulit dikeluarkan dari kulit.
  6. Sebum yang berlebihan bertemu dengan bakteri p. acne akan menghasilkan FFA (Free Fatty Acid), dan merangsang area sekitarnya sehingga terjadi inflamasi.
  7. Jerawat muncul.

Mekanisme Kerja Laser Diode 1450nm

  1. Laser berpenetrasi sampai ke dalam dermis dan memberikan energi panas ke kelenjar minyak (sebaceous gland).
  2. Energi panas yang cukup dari laser akan merusak 5α reductase dan menonaktifkannya, sehingga testosteron tidak bisa diubah menjadi DHT. (Menurut paper klinis, 5α-reductase dinonaktifkan lebih dari 80% pada suhu 50°C).
  3. Hal ini juga menyebabkan kerusakan termal pada lobulus minyak (sebaceous lobule) dan menurunkan sekresi sebum/minyak.
  4. Inflamasi diatasi oleh Protease.
  5. Collagenase III keluar dari jaringan kulit di dermis dan meningkatkan kolagen sehingga terjadi remodelling jaringan kulit yang rusak.
  6. Jerawat sembuh

Indikasi

Indikasi Diode Laser 1450nm
  • Active Acne, Acne Redness
  • Sebum Reduction (immediate effect)
  • Immediate Brightening Effect
  •  Reduce Comedones without extraction
  • New Kelloids (Can treat Old kelloids in combination with CO2 fractional)
  • Sebaceous Hyperplasia
  • Skin Rejuvenation and Reduce phores
  • Periorbital and Perioral Wrinkles

FAQ
(Frequently Asked Question)

Aman, karena efek yang ditimbulkan laser diode 1450 bersifat lokal, bukan sistemik. Berbeda dengan Isotret yang dapat mempengaruhi kondisi hormonal, laser diode 1450 hanya merusak kelenjar minyak atau area yang ditreatment saja.

Efek glowing setelah treatment laser diode 1450nm dihasilkan karena terjadinya rejuvenasi di area permukaan/epidermis kulit, sehingga terlihat secara kasat mata. Reaksi rejuvenasi di epidermis ini bisa terjadi karena adanya target di area epidermis, oleh karena itu pemberian base di wajah pasien (contoh: baby oil) sebelum treatment diperlukan untuk menghasilkan efek glowing.

Setelah treatment dengan laser diode 1450, jerawat akan lebih cepat mengering/mempercepat umur jerawat. Seringkali praktisi dibingungkan dengan keadaan jerawat pasien yang semakin memerah pasca treatment. Hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena jerawat sedang mengalami proses penyembuhan. Jika Anda memakai anestesi topikal sebelum tindakan, Anda harus memastikan untuk menghapus anestesi tersebut dengan bersih, karena anestesi topikal biasanya berupa oil-base yang dapat merangsang timbulnya bruntusan atau jerawat pada acne-prone skin.

Tindakan laser diode 1450 untuk jerawat, efek akan dirasakan setelah 1-2 hari pasca tindakan. Efek tersebut dapat berupa jerawat menjadi matang, jerawat menjadi kering, ataupun jerawat sembuh. Pengulangan bisa dilakukan dengan interval 1-2 x dalam 1 minggu. Paket yang dianjurkan adalah 4-5 kali perawatan.

Laser diode 1450 merupakan laser non-ablative yang cukup aman untuk kombinasi dengan tindakan lain. Anda bisa mengkombinasikannya dengan alat-alat lain, topikal maupun pun oral. Untuk kombinasi dengan alat, kami menyarankan I2PL karena mekanisme I2PL acne adalah dengan membunuh bakteri penyebab jerawat. Untuk oral, kami merekomendasikan:
• Zinc Picolinate 75mg/hari sampai 3 bulan
• Vit B2 100mg 3x sehari
• Vit A 10,000 iu perhari, untuk wanita hamil max 5,000 iu perhari
Sementara itu, untuk topikal, Anda bisa memberikan obat oles jerawat, serum-serum Anti Acne dan masker yang sesuai untuk mengobati Acne. Namun perlu diingat, bahwa penggunaan Isotret atau Roacuttane sudah resmi dilarang BPOM

Share:

On Key

Related Posts

ESPRO - FIRE-XEL

APA ITU LASER CO2 ?

Laser CO2 adalah prosedur kecantikan yang melibatkan penggunaan gas karbon dioksida (CO2) dan laser. Prosedur

Scroll to Top